Minggu, 22 Maret 2015

JENIS-JENIS KODOK
  1. Kodok Merah (Leptophryne cruentata)
    Merupakan jenis kodok endemik di Jawa Barat yang statusnya terancam punah (Critically Endangered). Kodok Merah adalah Jenis Kodok Indonesia yang paling terancam mengalami kepunahan. Perlu pembaca Gomumu ketahui bahwa hingga artikel ini ditulis kodok merah belum dilindungi.
    Dengan berbagai pertimbangan Dishut  belum mengeluarkan status dilindungi.


  2. Katak Batu (Limnonectes macrodon)
    Merupakan jenis katak sungai yang umum ditemukan di sungai-sungai di Jawa. Katak ini juga dapat ditemukan di Sumatera Selatan dan Lampung. Hingga hari ini status katak ini adalah rawan (Vulnerable). Hal ini dikarenakan banyak dari masyarakat kita yang mengkonsumsi katak ini.
    Perlu pembaca Gomumu ketahui bahwa Katak Batu adalah salah satu dari jenis katak terbesar di dunia.

  3. Katak Bertanduk (Genus: Megophrys)
    Merupakan jenis katak yang hidup di lantai hutan yang banyak terdapat serasah. di Indonesia dapat ditemukan 2 jenis katak katak bertanduk ini, yaitu
    Megophrys montana dan Megophrys nasuta. Pembaca Gomumu pasti pernah melihat katak ini yang berkamuflase atau menyamarkan dirinya di antara serasah pada program televisi National geograpic atau Discovery Channel. Saat katak bertanduk berkamuflase, maka sangat sulit bagi kita untuk menemukannya.

  4. Katak Mulut Sempit (Famili: Microhylidae)
    Adalah jenis-jenis katak yang sangat kecil ukurannya.
    Microhylidae merupakan famili dari jenis katak terkecil didunia. Beberapa jenis dari famili ini memiliki ukuran hanya beberapa milimeter saja. DiIndonesia  sendiri dapat ditemukan sedikitnya 30-an jenis katak bermulut sempit yang tersebar diseluruh penjuru negeri.

  5. Katak Pohon Asia Selatan (Famili: Racophoridae)
    Adalah jenis-jenis katak yang hidup di pohon. Jenis katak ini biasa ditemukan menempel pada daun, batang, atau ranting pohon. Beberapa masyarakat di Jawa menyebutnya dengan "Bencok". Katak ini memiliki kaki yang sangat panjang berguna untuk melompat dari pohon-kepohon dan ujung jari melebar dan lengket seperti pada jari cicak berguna untuk menempel. Di Indonesia dapat ditemukan lebih dari 40 jenis katak pohon asia selatan.

  6. Katak Pohon Raksasa Australia (Litoria infrafrenata)
    Adalah jenis katak pohon famili hylidae dengan tubuh yang besar dan gempal. Katak ini hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian Timur Saja. Penyebaran katak ini adalah di Pulau Papua, Maluku, dan Australia.

7 komentar: